RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Identitas Mata Kuliah
1.
Mata Kuliah :
Kebutuhan Dasar Pada Ibu Nifas
2.
Bobot Mata Kuliah : Bd.305
3.
Semester :
III/ Tiga
4.
Prodi :
D-III Kebidanan
5.
Dosen Pengampu :
Lia Listiani, Am.Keb
6.
Pertemuan :
1/ 06 Februari 2016
B. Tujuan Pembelajaran
1.
Capaian Pembelajaran :
Pada pertemuan ini akan membahas tentang pokok bahasan kebutuhan dasar
pada ibu nifas, setelah menyelesaikan pokok bahasan ini mahasiswa diharapkan
mampu melaksanakan asuhan kebidanan (kebutuhan dasar pada ibu nifas) dengan
benar.
2.
Kemampuan akhir yang diharapkan :
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu melakukan
asuhan kebidanan (kebutuhan dasar pada
ibu nifas) meliputi mengerti tentang kebutuhan nutrisi dan cairan,
kebutuhan ambulasi, kebutuhan eliminasi BAK/BAB, kebutuhan kebersihan diri/
personal hygene, kebutuhan istirahat dan tidur, kebutuhan seksual, kebutuhan
rencana KB, kebutuhan perawatan payudara, kebutuhan senam nifas.
3.
Indikator
a.
Mengerti pengertian nifas dengan benar
b.
Mengerti kebutuhan nutrisi dan cairan dengan
benar
c.
Menyebutkan manfaat kebutuhan ambulasi dengan
benar
d.
Mengidentifikasi kebutuhan eliminasi BAK/BAB
dengan benar
e.
Mengerti kebutuhan kebersihan diri/ personal
hygene dengan benar
f.
Memahami kebutuhan istirahat dan tidur dengan
benar
g.
Menjelaskan kebutuhan perawatan payudara dengan
benar
h.
Menyebutkan tujuan dan manfaat kebutuhan senam
nifas dengan benar
C. Materi Ajar
1.
Pengertian nifas
2.
Kebutuhan nutrisi dan cairan
3.
Kebutuhan ambulasi
4.
Kebutuhan eliminasi BAK/ BAB
5.
Kebutuhan kebersihan diri/ personal hygene
6.
Kebutuhan istirahat dan tidur
7.
Kebutuhan seksual
8.
Kebutuhan rencana KB
9.
Kebutuhan perawatan payudara
10.
Kebutuhan senam nifas
D. Kegiatan Belajar Mengajar :
Tahap
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media dan Alat Pembelajaran
|
Pendahuluan (10 Menit)
|
1. Mengucapkan salam pembuka
2. Memperkenalkan diri
3. Menginformasi pokok materi yang akan dibahas
4. Menjelaskan tujuan pembelajaran ini
5. Melakukan apersepsi berkaitan dengan materi yang akan
disampaikan
6. Menjelaskan relevansi pokok bahasan ini dengan
profesi kebidanan
|
Menjawab salam
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
|
White Board
Spidol
White Board
Spidol
|
Penyajian (20 Menit)
|
7. Menjelaskan tentang pengertian nifas
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang pengertian
nifas
b. Meminta tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
8. Mengerti kebutuhan nutrisi dan cairan
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tetang kebutuhan
nutrisi dan cairan
b. Meminta tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
9. Menyebutkan manfaat kebutuhan ambulasi
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tetang manfaat
kebutuhan ambulasi
b. Meminta tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
10. Mengidentifikasi kebutuhan eliminasi BAK/BAB
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang kebutuhan
eliminasi BAK/ BAB
b. tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
11. Mengerti kebutuhan kebersihan diri/ personal hygene
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang kebutuhan
kebersihan diri/ personal hygene
b. Meminta tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
12. Memahami kebutuhan istirahat dan tidur
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang kebutuhan
istirahat dan tidur
b. Meminta tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
13. Menjelaskan kebutuhan perawatan payudara
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang kebutuhan
payudara
b. Meminta tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
14. Menyebutkan tujuan dan manfaat kebutuhan senam nifas
a. Menggali pengetahuan mahasiswa tentang tujuan dan
manfaat kebutuhan senam nifas
b. Meminta tanggapan kepada mahasiswa lain
c. Memberi penguatan terhadap jawaban mahasiswa
d. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
|
Menjawab
Pertanyaan
Sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan sumbang saran
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
|
-
-
-
Laptop, LCD
Laptop, LCD
Laptop, LCD
Laptop, LCD
Laptop, LCD
Laptop, LCD
Laptop, LCD
Laptop, LCD
|
Penutup
(10 Menit)
|
15. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya
mengenai materi yang telah disampaikan
16. Memberikan kepada mahasiswa lain untuk menanggapi
pertanyaan
17. Memberikan penguatan kepada mahasiswa
18. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
19. Mengevaluasi materi yang telah disampaikan dengan
cara memberikan pertanyaan kepada mahasiswa
20. Memberi penguatan kepada mahasiswa
21. Menyimpulkan secara singkat materi yang telah
disampaikan
22. Menutup pertemuan ini dengan memberikan tugas kepada
mahasiswa
23. Mengucapkan salam penutup
|
Bertanya
Memberikan sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Menjawab pertanyaan
Memperhatikan
Memperhatikan
Menjawab salam
|
-
-
-
-
-
-
-
-
-
|
E. Instrumen Evaluasi :
1.
Tekhnik Evaluasi : Dilakukan Setelah Penyajian Materi
2.
Bentuk Instrument : Tes Pada Akhir Pembelajaran (Post Test)
3.
Instrument Yang Digunakan : Soal Subjektif
4.
Soal :
(Terlampir)
F. Sumber Rujukan
1.
Saifudin, Abdul Bari Dkk, 2000, Buku Acuan Nasional
Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta, Yayasan Bidan Pustaka
Sarwono Prawirohardjo.
2.
Ambarwati, 2008. Asuhan Kebidanan Nifas.
Yogyakarta: Mitra Cendikia.
3.
Mochtar, 1990. Obstetri Fisiologi (kin Obstetri
Patologi, Jilid I, Edisi 2, EGC, Jakarta.
4.
Mochtar, 1998. Sinopsis Obstetri, Obstetri
Operatif, Obstetri Sosial, EGC, Jakarta.
5.
Prawirohardjo.Ilmu Kebidanan, Edisi 111,
Cetakan 4, YBS — SP; 1999.
6.
Sulistyawati, Ari. 2009. Buku Ajar Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Andi : Yogyakarta
Tangerang, 06 Februari 2016
Dosen Pengampu,
(Lia Listiani, Am.Keb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar